Penerjemah

Penerjemah adalah sebuah profesi. Sebagaimana yang kita ketahui profesi penerjemah di Indonesia belumlah dianggap dianggap sebagai sebuah profesi yang resmi, meskipun pada prinsipnya jalur-jalur kearah yang dimaksud diatas telah terbina, misalnya dengan diadakannya ujian nasional untuk memperoleh gelar sebagai penerjemah tersumpah, dan juga telah terbentuknya wadah atau organisasi yang menaungi profesi sebagai penterjemah, seperti HPI.

Sebenarnya, bukan hanya di Indonesia, dibeberapa negara di luar negeri pun masih belum melirik profesi penerjemah sebagai profesi yang resmi diakui. Seperti pada cerita dibawah ini yang sengaja saya  mengutipnya dari sebuah situs berbahasa Inggris dan telah saya edit sebelumnya untuk disesuaikan dengan kondisi di Indonesia, dimana inti dari isi kutipan tersebut adalah mengenai "Tips Menjadi Penerjemah" 


Tips ini dimulai setelah saya menghabiskan beberapa tahun bekerja sebagai penerjemah freelance dan berpikir hal ini mungkin berguna untuk beberapa penerjemah, khususnya mereka yang baru memulai karir sebagai penerjemah lepas. Ini bisa jadi sangat sulit untuk mendapatkan saran atau pendapat ketika memulai dalam bisnis terjemahan - dan saya pun tahu, bahwa saya ada di sana sekali, itulah sebabnya saya tidak keberatan meluangkan waktu untuk berbagi pengalaman saya dengan harapan itu akan membantu siapa pun yang ingin mendengarkan ...
1. Jangan menerima proyek yang tidak dalam kemampuan Anda.
Sangat profesional untuk menolak pekerjaan menerjemahkan spesifikasi produk yang sangat teknis atau panjang jika anda tidak memiliki pengalaman dalam bidang-bidang tersebut. Menolak kerja tersebut tidak akan secara otomatis mendiskualifikasi Anda untuk pekerjaan lain dalam pasangan bahasa Anda dimana Anda telah memenuhi syarat. Ini menunjukkan Anda tahu keterbatasan Anda sendiri dan itu bagus sekali. Atau, menyewa editor yang baik untuk meninjau pekerjaan Anda jika Anda ingin mengembangkan di wilayah spesialisasi baru. Apa yang Anda pelajari dari editor yang baik akan bernilai jauh lebih dalam jangka panjang dari jumlah biaya awal Anda untuk editor.
2. Jangan menerima pekerjaan dengan tenggat waktu mustahil.
Berani untuk bernegosiasi! Anda dapat mengambil tindakan (seperti mengenakan tarif yang lebih tinggi) untuk mencegah atau kompensasi untuk pekerjaan dengan tenggat waktu sangat ketat. Kualitas dari hasil pekerjaan Anda mungkin akan di bawah tekanan tenggat waktu yang tidak masuk akal yang pada akhirnya hanya akan berdampak buruk pada Anda sendiri.
3. Jangan ragu untuk bertanya.
Ketika ditanya, instansi mungkin dapat memberi Anda  materi terjemahan atau dokumentasi lain untuk digunakan sebagai bahan referensi. Saya pribadi tidak akan berani untuk sekadar menebak dan berharap bahwa tidak ada satu pemberitahuan. Saya merasa lebih baik hanya bersikap di depan tentang fakta bahwa saya tidak tahu segalanya dan meskipun saya mencoba, saya tidak dapat menemukan jawabannya. Sejauh ini, saya tidak pernah punya pengalaman negatif ketika  menanyakan hal tersebut kepada biro penerjemah. Kebanyakan terjemahan mengandung setidaknya satu ambiguitas. Bagian penting dari terjemahan adalah TIDAK menebak apa klien Anda mungkin berarti, tapi untuk mengidentifikasi ambiguitas dan mengatasi mereka bersama-sama dengan klien. Sebuah kesalahan umum pemula adalah mencoba untuk menjadi "baik" dan tidak mengajukan pertanyaan.
4. Jangan menerima pekerjaan tanpa melihat teks pertama.
Apa mungkin seseorang menjelaskan kepada Anda sebagai teks bisnis bisa berubah menjadi medis. Saya pernah dipanggil untuk menerjemahkan bahasa Mandarin. Waktu itu klien mengatakan teks terjemahannya adalah 1500 kata, tapi kemudian Anda menemukan bahwa 1500 kata tersebut sulit untuk dibaca tulisan - Jadilah Mimpi Buruk! Untuk itu, upayakan untuk selalu melihat materi terjemahan sebelum menerjemahkannya.
5. Jangan melanjutkan dengan pekerjaan sampai Anda telah menyepakati tarif.
Tidak ada yang suka kejutan ketika datangnya tagihan, jadi pastikan Anda dan klien Anda benar-benar jelas dalam hal biaya. Anda mungkin mengenakan biaya yang berbeda untuk proyek yang berbeda atau Anda mungkin memiliki beberapa biaya yang berbeda untuk proyek yang sama (tingkat per kata untuk terjemahan ditambah dengan biaya per jam untuk format, misalnya). Untuk pekerjaan kecil, Anda mungkin memiliki biaya minimum daripada tarif per-kata. Anda mungkin memiliki biaya tambahan untuk teks tulisan tangan atau untuk kerja di akhir minggu. Beberapa pekerjaan memerlukan banyak format atau mungkin mengharuskan Anda untuk bekerja dengan berbagai jenis perangkat lunak. Ini adalah proyek yang dapat dibebankan oleh jam, bukan per kata atau per baris. Sebuah garis pedoman yang umum adalah untuk memiliki tarif per jam yang mencerminkan apa yang biasanya Anda mendapatkan rata-rata selama satu jam menerjemahkan. Pastikan Anda sudah akrab dengan program tertentu sebelum menerima pekerjaan di, misalnya, Power Point dan lain sebagainya.
6. Pikirkan tentang apa yang Anda tulis dalam email sebelum mengirimnya ke mailing list.
Anda tidak pernah tahu siapa yang akan membaca posting Anda - pesan Anda bisa sangat mungkin berakhir di tangan (agen) klien Anda, misalnya, jadi selalulah bersikap profesional. Jika Anda sedang bingung tentang sesuatu, tulis email tapi denga kehati-hatian untuk tidak mengirimkannya: menunggu sampai hari berikutnya dan melihat apakah Anda masih merasa mampu. Ini juga berlaku untuk korespondensi dengan klien Anda jika Anda marah dengan mereka karena alasan apapun. Kadang-kadang, sesulit mungkin, mungkin akan lebih bijaksana untuk membuat konsesi dan menjaga klien. Kemudian lagi, tergantung pada situasi, itu mungkin bahwa Anda merasa klien tidak layak disimpan. Dalam hal apapun, pertimbangkan dengan cermat sebelum Anda menembakkan surat amarah anda.
7. Jangan merendahkan diri Anda
Tekankan pengalaman yang Anda miliki. Harga bervariasi untuk setiap negara yang berbeda, kombinasi bahasa dan jenis terjemahan, sehingga  kita dapat mengambil semua faktor ke account user ketika menentukan harga pasar yang wajar untuk layanan Anda. Pastikan Anda mengisi cukup untuk membuat bisnis Anda menguntungkan. Jika Anda memulai dengan harga murah, pastikan Anda membesarkan mereka secara bertahap karena Anda mendapatkan akan pengalaman.
9. Menyimpan catatan semua bisnis dan korespondensi selama minimal 12 bulan.
Bahkan, saya akan merekomendasikan untu menjaga mereka setidaknya selama tiga tahun. Ini termasuk setiap email yang dikirim ke dan diterima dari klien Anda, setiap faks, faktur, kontrak, pesanan pembelian, file terjemahan dan semua surat-menyurat lainnya. Ini hanya praktik bisnis yang baik untuk menyimpan catatan yang baik.
10. Bacalah setiap ayat sangat hati-hati sebelum Anda menandatangani kontrak.
Jika Anda bekerja dengan kantor-kantor penerjemah, mereka mungkin memiliki kontrak mereka  dan menginginkan Anda untuk menandatangani. Saya telah menandatangani beberapa kontrak tersebut, tetapi begitu terjadi bahwa klien saya terbesar dan yang paling biasa tidak pernah meminta saya untuk menandatangani kontrak. Saya juga menolak untuk menandatangani kontrak tertentu karena saya merasa mereka terlalu bias. Kadang-kadang ada kantor penerjemah yang hanya meminta Anda untuk mencoret bagian tersebut dan Anda tidak merasa menandatanganinya, dan terkadang lagi mereka menolak untuk bekerja sama dengan Anda jika Anda tidak menanda tanganinya. Intinya bagi saya adalah: pastikan Anda membaca dan memahami kontrak, dan tidak pernah menandatangani apa pun  sebelum memahami dengan benar isi kontrak tersebut!

No comments:

Post a Comment